Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis Yang Enak dan Gurih

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Hallo semua,gimana kabar kalian?pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang cara bumbu cumi bakar pedas manis.

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Baca juga : Resep Cumi Bakar Pedas yang Enak dan Mudah Dimengerti

Cumi merupakan salah satu jenis makanan laut. Cumi-cumi merupakan hewan yang hidup di perairan laut dangkal,cumi-cumi banyak ditemukan di daerah pesisir seperti Indonesia bagian selatan. Cumi merupakan makanan yang disukai banyak orang.

Cumi-cumi memiliki daging berwarna putih dan kulit berwarna hitam atau merah. Cumi-cumi memiliki bentuk anak panah dengan tentakel sebagai alat penggeraknya.

Squid tidak memiliki punggung, jadi mudah digunakan. Daging cumi cenderung amis namun memiliki rasa yang manis dan gurih. Semua bagian cumi-cumi dapat dimakan dan tidak akan menyebabkan keracunan kecuali jika mereka memicu alergen pada orang dengan alergi makanan laut.

Cumi-cumi memiliki kantung tinta hitam untuk pertahanan diri. Tinta cumi biasanya digunakan untuk mewarnai makanan. Cumi-cumi biasa dijual di supermarket dan pasar tradisional, terutama di kota atau kabupaten pesisir.

Manfaat Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

1. Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat cumi bakar yang pertama bisa membantu pembentukan sel darah merah. Kandungan makanan ini mengandung senyawa yang mengandung tembaga yang bekerja sangat baik dalam mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

2. Mengatasi Tumor

Salah satu tanda seseorang menderita tumor adalah ketika mengalami kelelahan yang berlebihan, kemudian kehilangan nafsu makan, juga mengalami penurunan berat badan, mudah berkeringat di malam hari, dan demam. Jika Anda memperhatikan tanda-tanda tersebut, untuk mengatasinya, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut. Ini karena makanan ini dianggap berperan dalam mengobati tumor.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi Anda yang kesulitan makan, penelitian seorang Amerika mengklaim bahwa kandungan mineral dalam cumi bakar dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda seperti lambung dan usus. Selain itu, kandungan vitamin dalam makanan ini meningkatkan nafsu makan yang sehat.

4. Singkirkan Bopeng

Jika Anda pernah mengalami penyakit cacar, maka bekas penyakit ini masih membekas, kini jangan khawatir dengan memakan cumi bakar ini, bekas cacar tersebut akan berangsur-angsur hilang.

5. Optimalisasi Sel Darah Putih

Sebuah penelitian menemukan zat khusus dalam tinta cumi bakar yang membuatnya istimewa. Kemudian setelah dilakukan pengujian ternyata makanan ini memiliki kemampuan untuk mengaktifkan sel darah putih yang baik untuk menghilangkan kuman atau kuman yang ada di dalam tubuh.

6. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Bagi Anda yang menderita penyakit kolesterol, konsumsi makanan ini sangat dianjurkan karena kandungan cumi bakar dipercaya berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah sehingga meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Dampak Dari Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

1. Membuat Akumulasi Lemak

Makanan laut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain, jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan laut seperti udang, kepiting, atau makanan laut lainnya, akan mempercepat pertumbuhan lemak dalam tubuh.

Lemak ini merugikan kesehatan bila kadarnya terlalu tinggi sehingga menghambat aliran darah kita.

2. Lebih Rentan Terhadap Mioma

Masih terkait dengan tingginya kolesterol pada seafood. Kelebihan lemak jahat dalam tubuh juga mempengaruhi sel-sel otot di sekitar rahim. Pertumbuhan sel otot yang tidak tepat menyebabkan munculnya fibroid di dalam rahim. Jadi kalau makan seafood jangan berlebihan ya guys.

3. Mempercepat Proses Penuaan Kulit Tubuh

Kalau makan seafood pasti lebih enak yang gurih dan sedikit asin kan? Ternyata hal ini bisa mempercepat proses penuaan kulit kita. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung sodium dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh sehingga menyebabkan kulit berkerut.

4. Terkena Alzheimer di Usia Tua

Tidak hanya dewasa ini konsumsi makanan laut yang berlebihan juga mulai terlihat di usia tua. Penyakit seperti alzheimer bisa menyerang karena kandungan zat besi dalam makanan laut seperti kerang. Meski zat besi dibutuhkan oleh tubuh, namun bisa berbahaya bila kadarnya terlalu tinggi, lho.

5. Kelebihan Vitamin B12

Vitamin B12 ditemukan di makanan laut seperti kerang. Vitamin ini sangat baik karena berperan penting dalam pembentukan hemoglobin. Namun, jika vitamin B12 dalam tubuh kita terlalu banyak, bersiaplah, Anda akan merasakan gatal-gatal di kulit, ruam di beberapa bagian tubuh bahkan diare.

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Bahan Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis :

  • 1 ekor cumi basah besar
  • Jeruk nipis
  • Kecap manis
  • 2 lembar Daun salam
  • Lengkuas di geprek

Bumbu Halusnya :

  • 3 butir Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 2 butir Kemiri
  • 6 buah Cabe merah
  • 10 buah Cabe rawit
  • 2 cm Kunyit
  • secukupnya Lada
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdm Gula jawa

Cara Membuat Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis :

  1. Bersihkan cumi, potong di bagi 2 bagian. Camputkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Sisihkan
  2. Haluskan bumbu, kemudian tumis sampai harum, tambahkan kecap, daun salam, dan lengkuas. Aduk rata tuang sedikit air. Tunggu hingga surut.
  3. Masukan cumi, aduk sebentar supaya bumbu mresap. Simpan 15 menit kemudian di bakar di atas teflon dengam api sedang. Hidangkan

Nah itulah bumbu cumi bakar pedas manis yang enak dan gurih,bahan-bahannya juga mudah didapatkan,serta terjamin kesehatannya.