Cara Membuat Buah Kering Di Rumah- Mudah dan Sehat

Apakah kalian pernah membuat buah kering dirumah? Selain dibekukan atau dibuat jus atau smoothie, cara yang enak mengonsumsi buah adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu.

Buah kering bahkan dikatakan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan makanan buah segar.

Saat dikeringkan, baik dijemur di bawah sinar matahari langsung maupun di dalam oven, kandungan nutrisi buah tidak akan hilang atau berkurang. Karena buah kering hanya bertujuan untuk mengeluarkan air.

Buah kering mulai banyak tersedia di supermarket, namun di toko buah kecil masih sulit ditemukan karena harganya yang terbilang lebih mahal. Tetapi ternyata Anda bahkan bisa membuat buah kering sendiri di rumah.

Penasaran cara membuat buah kering dirumah? yuk simak ulasan berikut ini sampai selesai yaa..

Cara Mengeringkan Buah dengan Mudah dan Enak

cara mmebuat buah kering

Yuk perhatikan dan siapkan semua bahan dan alat yang diperlukan untuk membuatnya dibawah ini :

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pala Kering Resep Enak Sederhana

Bahan yang diperlukan :
  • Buah sesuai selera (misalnya, pepaya, apel, nangka, mangga, kiwi)
  • 1/2 gelas jus lemon
  • 1/2 gelas air
Alat yang dibutuhkan :
  • Kain katun tipis
  • Oven/mesin pengering makanan

Langkah-langkah membuat :

  1. Panaskan oven sampai 62 derajat Celcius;
  2. Cuci buah dan potong seragam, bersihkan dan buang biji dan batang buah yang mungkin ada di tengah. Buah kecil bisa dibelah dua, sedangkan buah besar bisa dibelah empat;
  3. Campurkan lemon dan udara. Kemudian celupkan irisan buah ke dalam campuran lemon dan udara. Kandungan asam dalam lemon bisa membantu warna alami buah bertahan;
  4. Beralih ke oven, lapisi rak oven dengan kain katun tipis. Susun potongan buah dengan rapi, pesan ke dalam oven. Jangan tutup oven dengan rapat. Biarkan sedikit terbuka agar uap buah saat pengeringan bisa keluar;
  5. Panggang buah selama 4-12 jam dan letakkan pada posisi rak oven agar merata. Buah akan terlihat kering dan terasa bebas untuk dijaga tetap kering atau tidak;
  6. Simpan buah dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang kering dan sejuk.

6 Manfaat Buah Kering untuk Kesehatan, Kaya Kandungan Serat

1. Serat Tinggi

Manfaat pertama untuk kesehatan tubuh adalah sumber makanan dengan serat yang tinggi. Buah kering umumnya mengandung lebih banyak serat.

Serat ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan.
Sebut saja aprikot kering yang mengandung 6,5 gram per cangkirnya, sedangkan aprikot segar hanya mengandung 3,1 gram.

Kemudian, secangkir kismis mengandung 5,4 gram lebih banyak serat dibandingkan 1,4 gram anggur tanpa biji.

Serat tidak hanya membantu sistem pencernaan Anda. Menurut Harvard School of Public Health, ini membantu mencegah obesitas, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

2. Sumber Antioksidan

Manfaat kedua yaitu untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah makanan yang kaya akan sumber antioksidan.

Beberapa buah kering merupakan sumber antioksidan yang baik menurut sebuah studi tahun 2005 di Journal of American College of Nutrition.

Fenol, sejenis antioksidan, lebih banyak terdapat dalam buah-buahan seperti kurma dan buah ara daripada beberapa buah segar, jadi peneliti menyarankan untuk makan lebih banyak buah kering.

Kandungan antioksidan juga telah ditemukan untuk melawan risiko penyakit jantung, kanker, osteoporosis, diabetes, kanker, dan penyakit degeneratif otak.

3. Kepadatan Gizi

Terdapat banyak akan kandungan gizinya. Karena sebagian besar air diekstraksi dari buah kering, nutrisinya menjadi terkondensasi.

Buah-buahan kering seperti aprikot, kismis, plum, dan buah ara mengandung beta karoten, vitamin E, niasin, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium yang tinggi.

4. Kandungan Lemak dan Kalori Baik

Manfaat selanjutnya untuk kesehatan tubuh adalah buah yang sudah diekstrak dan mengandung lebih sedikit lemak.

Secara signifikan, menjadikannya sebagai sumber energi alami, terutama bagi para atlet. Selain itu, juga merupakan suplemen yang bagus untuk orang yang ingin menambah berat badan dengan sehat.

5. Mencegah Kanker

Manfaat lain untuk kesehatan tubuh selanjutnya bisa menjadi makanan yang dapat mencegah penyakit kanker.

Sebuah apel dapat menghindarkan Anda dari penyakit. Konon, mengonsumsi apel dan aprikot kering setiap hari bisa mencegah Anda terkena kanker.

Dalam apel dan aprikot, terdapat fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga merupakan sumber serat yang baik. Selain itu keduanya juga mengandung vitamin A, C dan zat besi.

6. Membantu Kulit Sehat

Manfaat terakhir, untuk kesehatan tubuh bisa membantu menutrisi kulit. Kulit segar, berkilau dan lembab merupakan indikator kulit yang sehat.

Buah-buahan seperti mangga kering banyak mengandung fitonutrien, vitamin A, C dan E, serta Omega 3 dan 6 yang membantu menutrisi kulit.

Kismis atau anggur kering juga bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga : Cara Menyimpan Buah Dikulkas Agar Awet dan Segar yang Wajib Dicoba!