Cara Menyimpan Buah Dikulkas Agar Awet dan Segar yang Wajib Dicoba!

Hii guys! Pada artikel kali ini aku bakalan kasih tau nihh cara menyimpan buah-buahan di kulkas agar buah yang kalian simpan dapat tahan lama dan tetap segar!

Buah

Buah merupakan sebuah benih yang berasal dari sebuah tanaman yang memiliki bunga atau yang disebut berbunga. Ada beberapa jenis buah yang aman dan nikmat untuk dikonsumsi.

Tetapi ada juga beberapa jenis buah yang tidak dapat dikonsumsi karena buah tersebut memiliki rasa yang tidak sedap apabila dikonsumsi, bahkan ada juga jenis buah-buahan yang mengandung racun di dalamnya.

Jeniss buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi pastinya akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tidak hanya untuk manusia, buah-buahan juga dapat di jadikan sebagai makanan untuk hewan agar menjadi salah satu dari sumber makanan mereka.

Maka dari itu, kebanyakan dari manusia sudah sangat tergantung kepada buah-buahan untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang terkandung di dalam buah-buahan yang di konsumsi nya.

Aneka Jenis Buah

1. Buah Kering

Buah kering merupakan suatu jenis buah yang tunggal, atau dapat juga di artikan sebagai buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah dan dapat juga berisi satu buah atau bahkan lebih.

Bagian luar dari buah kering ini biasa nya cukup keras dan juga memiliki tekstur yang mirip seperti kayu atau kulit kayu kering. Lalu apa aja sih contoh dari buah kering tersebut?

Contoh dari buah kering ini  adalah buah padi, buah geluk, buah durian, dan juga berbagai macam jenis polong-polongan.

2. Buah Berdaging

Sesuai dengan nama nya, buah berdaging ini merupakan buah yang memiliki daging dan pada umum nya daging tersebut dapat dikonsumsi dan pastinya aman apabila dikosumsi.

Itu dia aneka jenis buah yang dapat saya sampaikan. Dari pada kelamaan, ya udah yukk kita bahas tentang cara menyimpan buah di kulkas agar tetap segar.

Beberapa Macam Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Tetap Awet

1. Jangan Mencuci Buah yang Akan Di Simpan dalam Kulkas

Sebelum kalian menyimpan buah di dalam kulkas, alangkah lebih baiknya jika kalian jangan mencuci terlebih dahulu buah-buahan tersebut agar buah tersebut tetap segar dan tidak cepat membusuk.

Gunakan air mengalir yang bersih untuk mencuci buah tersebut dan usahakan untuk mencuci nya menggunkakan sabun anti bakteri agar seluruh bakteri yang terdapat pada buah akan hilang dan mati.

Buah-buahan dapat di simpan pada rak yang terbuka di bagian tengah di dalam kulkas. Tetapi tidak semua jenis buah-buahan dapat di simpan ke dalam kulkas lohh.

Lalu untuk buah yang sudah di potong, kalian dapat memberikan sedikit perasan air lemon kedalam wadah yang digunakan untuk menyimpannya. Perasan lemon berguna untuk menghambat terjadinya proses oksidasi. Hal ini bertujuan agar warna dari buah yang di simpan akan tetap segar dan juga tidak akan berubah menjadi kecoklatan.

Selain itu buah yang sudah di potong-potong juga dapat di masukkan ke dalam wadah yang tertutup atau bisa juga menggunakan plastik yang di vacuum. Maka dari itu untuk memvacuum plastik tersebut kalian bisa menggunakan vacuum sealer.

Vacuum sealer atau yang bisa juga di artikan sebagai Alat Pres Plastik Kedap Udara merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi untuk mengemas sebuah makanan dengan menghampakan udara yang ada di dalam kemasan makanan tersebut agar lebih tahan lama.

Vacuum sealer ini bertujuan supaya makanan yang kalian simpan akan tetap aman, awet atau tahan lama, segar, bersih, dan juga tetap menarik.

2. Simpanlah Sayuran Dengan Buah-buahan di Tempat yang Terpisah

Supaya buah dan sayuran yang kalian beli tetap berada dalam keadaan yang segar.  Maka sebaiknya janganlah kalian menyimpan sayuran dan buah-buahan dalam satu tempat sama. Simpanlah di tempat yang berbeda.

Hal ini dikarenakan ada banyak jenis buah yang dapat menghasilkan gas ethylene yang bertindak sebagai hormone pematangan yang dapat mempercepat proses kematangan pada sayur yang kalian simpan.

Gas ethylene biasanya di hasilkan oleh beberapa jenis buah seperti buah pisang, buah alpukat, dan buah persik. Maka akan lebih baik jika kalian menyimpannya dengan menggunakan wadah atau di tempat yang terpisah.

3. Bekukan Dalam Freezer

Jika kalian menginginkan buah yang akan kalian simpan di dalam kulkas dapat bertahan lebih lama, maka cara yang tepat adalah dengan membekukan buah tersebut di dalam freezer. Jika kalian membekukan buah tersebut, maka kandungan gizi yang ada di dalambuah yang kalian simpan akan tetap terjaga.

4. Bungkuslah dengan Menggunakan Kertas Aluminium

Jika kalian menyimpan buah-buahan dengan menggunakan kertas aluminium di dalam kulkas, maka hal itu dapat membuat buah akan tetap lembab dan juga dapat tahan lebih lama.

5. Simpanlah Kentang Bersamaan Dengan Apel

Jika kentang di biarkan terbuka pada suhu ruangan dalam beberapa hari, biasanya kentang tersebut akan tumbuh tunas. Maka untuk mencegah hal itu terjadi, simpan kentang bersamaan dengan buah apel di dalam kantong kertas yang berlubang. Lalu simpanlah kantong kertas tersebut di tempat yang sejuk dan juga kering.

Kentang tidak akan bertunas jika di simpan bersamaan dengan apel, hal ini disebabkan karena akan ada gas yang keluar dari apel tersebut dan akan mencegah tumbuh nya tunas pada kentang.

Beberapa Jenis Buah-buahan yang Sebaiknya Tidak di Simpan di Dalam Kulkas

1. Tomat

Tomat yang akan di jual di supermarket tau mall biasanya akan berdekatan dengan kentang, bawang merah, bawang putih, dan juga berdekatan dengan jenis sayuran lainnya.

Hal ini karena buah tomat memiliki kadar air yang cukup tinggi. Maka dari itu tomat lebih baik di simpan di dalam keranjang sayuran dari pada di dalam kulkas.

2. Apel dan Pir

Pasti kalian sering menemukan kedua buah ini di simpan di dalam kulkas. Dan tidak sedikit dari kalian yang lebih suka memakan apel dan pir dalam kondisi yang dingin, itu merupakan sebuah alasan mengapa kalian menyimpannya di dalam kulkas.

Karena sebenarnya kulkas akan mempercepat proses terjadinya kematangan pada buah-buahan yang di simpan di dalam kulkas tersebut.

Apel dan juga pir merupakan buah yang dapat mematangkan buah dan sayuran lain yang ada di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan zat ethylene. Kandungan zat ini merupakan jeniz zat yang di percaya dapat mematangkan bahan makanan lain yang di simpan bersamaan dengan apel atau pir ini.

Maka dari itu, simpanlah apel dan juga pir di atas meja atau pada suhu ruangan saja agar buah tersebut tidak akan memudahkan buah yang lain untuk matang dengan lebih cepat.

Selain itu, apel dan juga pir juga akan dapat bertahan lebih lama jika kalian meletakannya di atas meja dengan suhu ruangan bukan di dalam kulkas dengan suhu yang lebih dingin.

3. Pisang

Cara yang tepat untuk menyimpan buah yang satu ini adalah dengan menaruhnya di atas rak atau di atas meja bukannya di dalam kulkas. Tetapi kalian juga bisa menyimpan pisang tersebut di dalam kulkas ataupun freezer, dengan catatan buah ini sudah terlalu matang untuk di makan.

Tetapi ada lohh acara lain untuk mengatasi apabila pisang kalian sudah terlalu matang. Apa sih caranya? Caranya yaitu dengan memanfaatkan pisang tersebut dengan cara digunakan sebagai bahan untuk membuat kue ataupun bisa juga untuk yang lainnya.

4. Melon

Buah melon merupakan contoh jenis buah yang sangat baik jika kalian simpan di dalam suhu ruangan. Maka dari itu buah ini lebih baik di simpan di atas meja sampai kalian siap untuk mamakan buah tersebut.

5. Alpukat

Apabila buah alpukat ini di masukkan ke dalam kulkas, maka warna kuning kehijauan yang ada pada alpukat akan berubah warna menjadi kecoklatan atau membusuk dan akan membuat alpukat tersebut kehilangan cita rasa alaminya.

Buah ini sangat baik di simpan pada suhu ruangan saja. Tetapi kalian juga bisa menyimpannya di dalam kulkas tetapi hanya beberapa saat jika kalian hendak memakannya agar kondisi dari buah tersebut menjadi dingin dan akan lebih segar apabila dikonsumsi.

Untuk buah yang mudah rusak seperti alpukat ini, sangat di sarankan jika kalian langsung memakannya setelah selesai membeli atau bisa juga pada saat buah itu sudah berada dalam keadaan yang matang.

Beberapa Buah-buahan yang Dapat Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

1. Nanas

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin dan juga mineral di dalamnya yang dapat memuaskan kita pada saat kita ingin mengomsumsi buah yang memiliki cita rasa manis.

2. Semangka

Terdapat 92% air yang terkandung di dalam buah semangka ini. Lalu air di dalam buah semangka ini dapat mengisi tubuh. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan manfaat yaitu antioksidan lycopene yang dapat melindungi seorang pria dari penyakit kanker prostat.

3. Jeruk Bali

Meskipun buah jeruk bali tidak dapat secara instan membakar lemak, namun kandungan air yang ada di dalam buah jeruk bali ini dapat membantu untuk membuat kalian merasa lebih kenyang. Sehingga kalian akan merasa lebih cepat kenyang walaupun tidak memakan banyak makanan.

4. Pir

Di dalam satu buah pir itu mengandung enam gram serat yang dapat membantu membuat kalian lebih cepat kenyang, makan menjadi lebih sedikit, dan juga dapat menjadi peluang jika kalian ingin  menurunkan berat badan atau yang biasa disebut sebagai diet.

Lalu buah pir merupakan buah yang memiliki sumber potassium yang cukup baik dan juga mengandung mineral yang sangat penting bagi otot aktif pada tubuh.

5. Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang di dalamnya mengandung lemak sehat yang dapat membantu kita menjaga perut agar dapat kenyang lebih lama dari biasanya.

Maka dari itu buah alpukat ini sangat cocok dikonsumsi jika kalian ingin melakukan diet sehat.

6. Beri

Ada beberapa jenis buah yang termasuk kedalam buah beri yaitu seperti blueberry, raspberry, dan juga stroberi. Semua jenis buah ini dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan yang kalian miliki saat ini.

Di dalam buah blueberry itu banyak terdapat antioksidan yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat melindungi kulit.

Selain itu buah blueberry juga merupakan buah yang miliki sumber serat yang baik dan dapat membantu mengenyangkan perut kita lebih cepat. Tidak sedikit orang yang membuat camilan yang berasal dari buah ini dan blueberry ini juga sangat cocok untuk dijadikan topping pada oatmeal atau smoothie.

Begitupun pada buah raspberry, buah ini juga mengandung banyak sekali serat di dalamnya. Di dalam buah raspberry ini terdapat delapan gram serat per cangkir nya.

Hal ini tentunya dapat membuatmu merasa lebih kenyang, apalagi jika kalian mengombinasikannya dengan sumber protein yang lainnya seperti kacang atau peanutbutter.

Kemudian stroberi merupakan tambahan makanan yang sangat bagus untuk diet atau di saat kalian ingin menurunkan berat badan. Karena buah stroberi akan memberikan rasa manis alami yang terkandung pada buah ini.

7. Jeruk

Buah jeruk juga merupakan contoh buah yang rendah kalori dan mengandung lebih banyak vitamin terutama vitamin C. Jeruk merupakan buah yang dapat di jadikan sebagai camilan yang baik dengan sumber protein yang akan membuat kalian akan merasa kenyang lebih lama.

8. Apel

Buah apel merupakan buah yang cukup baik dikonsumsi pada saat kalian akan menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat yang ada di dalam buah apel ini. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu jika kalian tidak mengupas kulit dari buah ini.

Kulit pada buah apel merupakan tempat dari sebagian besar serat yang ada pada buah apel tersebut. Tetapi jangan lupa untuk mencuci buah ini terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Jika kalian ingin kenyang lebih lama dan juga ingin mencegah ngemil yang tidak sehat. Maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan memasangkan buah apel dengan makanan yang memiliki sumber protein yang tinggi protein. Makanan tersebut seperti telur ataupun stik daging.

9. Mangga

Buah mangga merupakan buah yang rendah kalori dan baik di tambahkan ke dalam menu makanan kalian ketika kalian ingin menurunkan berat badan atau diet. Karena di dalam buah mangga ini terdapat kandungan serat, vitamin C, dan juga folat di dalamnya.

Buah mangga juga dapat di tambahkan ke dalam smoothie atau bisa juga di jadikan sebagai jus yang pastinya sangat segar. Atau bisa juga langsung di makan sebagai camilan. Tetapi juga tetap harus di pasangkan dengan sumber protein lain yang juga padat nutrisi.

Itu dia cara meyimpan buah di kulkas agar awet yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfat bagi kalian semua!

Oiyaa jika kalian ingin tau cara menyimpan buah yang lainnya, kalian bisa cek pada artikel berikut ini yaaa. Yaitu Cara Menyimpan Buah di Kulkas.

Semoga tips di atas dapat kalian praktekan pada saat kalian akan menyimpan buah-buahan! Terima kasih and see u next time!!