Cara Merakit Sendiri Fresnel LED Untuk Lighting Panggung

Cara Merakit Sendiri Fresnel LED Untuk Lighting Panggung

Harga Sewa Lighting Panggung Jakarta – Setelah Anda berhasil menyiapkan sejumlah peralatan dan bahan untuk merakit sendiri Fresnel LED, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah proses perakitannya hingga benar-benar selesai dan peralatan bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

Sebagai langkap pertama, Anda bisa mencoba LED modul yang telah dilekatkan pada alumunium pendingin dan telah diberikan kipas untuk kemudian dinyalakan dengan memakai power supply sebelum akan dirakit ke dalam sebuah kotal lampu Fresnel. Bila semuanya berjalan dengan baik sebagaimana semestinya, maka LED modul ini akan menyala dengan cukup terang, dan setelah beberapa saat Anda bisa memeriksa apakah proses dari pendinginan memakai alumunium serta kipas tersebut berjalan dengan sempurna atau tidak, yang mana ditandai dengan permukaan alumuniuin yang tidak menunjukan panas yang tampak berlebihan karena rasanya hangat saja.

Namun bila alumunium cukup panas ketika diraba, maka sangat dianjurkan untuk segera mengganti alumunium pendinginnya dengan yang jauh lebih besar maupun dengan memakai kipas yang jauh lebih kuat dan besar lagi. Hal ini penting karena Fresnel LED nantinya akan dinyalakan dalam jangka waktu lama jadi sistem pembuangan kalornya harus berjalan dengan baik.

Untuk bisa mengarahkan sinar LED supaya jauh leih focus dan mengarah ke bagian depannya saja, maka tepat di atas LED modul Anda bisa menambahkan lensa cembung. Ada pun fungsi dari lensa tersebut tidak lain untuk dapat mengarahkan sinar LED hanya ke arah depannya saja. Ada sejumlah ukuran kecembungan lensa dilihat dari spesifikasinya maupun ketika Anda membelinya, Anda bisa melihat berapa derajat sebarah dari arah sinar.

Sebenarnya semuanya tergantung pada pemakaiannya, Fresnel LED ini nanti akan di aktifkan atau di non aktifkan selama penggunaan maupuan Fresnel LED mesti dinyalakan maupun diredupkan saja. Bila hanya berkamsud digunakan secara hidup maupun mati maka semua bahan termasuk LED modul, sistem pendingin juga power supply hanya perlu Anda rakit saja dalam kotak Fresnel untuk menggantikan bohlam halogen yang tersedia. Sedangkan untuk pemakaian kabelnya harus dikoneksikan pada listrik dengan aliran 220 vlot pada power supply yang selanjutnya tinggal dihubungkan pada dimmer pack sebagaimana memasang Fresnel biasa. Akan tetapi sekali lagi,  perlu Anda ingat dengan baik jika lampu led Fresnel ini bisa dinyalakan maupun dimatikan saja namun tidak bisa diredupkan jadi dari DMX Controllernya harus dikondisikan demikian.

Ada oun proses perakitan pada kotak lampu Fresnel harap selalu diperhatikan beberapa hal ini:

  1. Led modul dengan menggunakan alumunium pendingin juga kipas dapat ditempatkan tepat di bohlam halogen sebelumnya dengan cara masih dapat digeser maju atau mundur tepat dari lensa Fresnel jadi masih dapat diatur focus dan lebar dari berkas sinar yang telah terbentk
  2. Power supply dapat ditempatkan di mana pun
  3. Perhitungkan juga supaya proses sirkulasi udara dapat berlangsung dengan baik supaya dapat mendinginkan LED modul