Cara Mudah Proses Kalibrasi Scanner LJK

Kalibrasi scanner merupakan sebuah proses dalam mengukur serta menyesuaikan beberapa pengaturan seperti warna, grayscale, warna hitam putih pada kertas putih agar hasil yang diberikan saat melakukan pemindaian juga bagus dan berkualitas.

Tujuan dari proses kalibrasi scanner adalah untuk memastikan jika hasil dari proses pemindaian nantinya akan lebih optimal dan konsisten.

Kalibrasi scanner

Pengukuran dan pengaturan yang kacau hanya akan menghasilkan kualitas yang buruk pada proses pemindaian seperti gambar yang pucat, teks yang kabur, dan juga masalah lainnya. Untuk mencegah hasil yang buruk saat melakukan pemindaian maka diperlukan yang namanya proses kalibrasi scanner, termasuk untuk scanner lembar jawaban komputer.

Beberapa pengalaman menunjukkan bila penggunaan scan yang terlalu sering dan berlebihan akan menjadikan kualitas scan yang tidak lagi optimal. Untuk itu proses kalibrasi adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Proses kalibrasi scanner bisa Anda lakukan saat menggunakan scanner tersebut untuk pertama kalinya. Anda juga disarankan untuk melakukan proses kalibrasi secara berkala seperti dua minggu sekali atau seminggu sekali. Selain itu, saat melakukan pemindaian lalu menemukan hasil teks atau gambar yang buram maka ada baiknya Anda segera melakukan proses kalibrasi scanner.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan proses kalibrasi adalah :

  1. Pertama dengan menggunakan kertas kalibrasi yang terletak pada bagian dalam kardus scanner.
  2. Kemudian, letakkanlah kertas kalibrasi pada scanner dengan tanda panah kertas yang menunjukkah ke arah bawah.
  3. Setelah mengatur posisi kertas kalibrasi, maka selanjutnya adalah mengatur paper feeder yang sesuai dengan panjang kertas.
  4. Selanjutnya, silahkan mengklik tombol start pada komputer Anda lalu memilih program folder dengan scanner yang akan digunakan kemudian klik menu calibration wizard. Tunggu hingga muncul kotak menu calibration wizard lalu lanjutkan dengan menekan tombol next untuk proses kalibrasi selanjutnya.
  5. Setelah muncul kotak menu baru silahkan memilih calibrate now lalu lanjutkan dengan mengklik tombol start.
  6. Setelah menekan tombol start maka proses kalibrasi pun akan bekerja hingga selesai.

Setelah proses kalibrasi dinyatakan berhasil dan telah selesai maka silahkan mengakhiri proses kalibrasi pada scanner Anda. Untuk info lebih detail silahkan lihat scannerĀ  LJK.