Daftar Pompa Air Akuarium dengan harga murah dan bagus 2020

Membangun akuarium perlu sejumlah perlengkapan tertentu agar ikan-ikan yang Anda pelihara dapat hidup panjang dan tidak gampang mati. Salah satu alat yang paling diprioritaskan adalah pompa air akuarium.

Definisi dan fungsi pompa air akuarium

Pompa air akuarium jadi elemen penting yang menopang ekosistem di dalam akuarium Anda. Bukan hanya ikan-ikannya saja, namun juga tanaman hias yang Anda budidayakan di dalam tanki. Alat ini berfungsi sebagai medium filtrasi udara dan air dari kotoran maupun sisa-sisa makanan agar kualitasnya senantiasa tetap terjaga.

Tipe-tipe pompa air akuarium

Faktor utama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli perlengkapan ini adalah menentukan tipenya. Secara garis besar, ada dua tipe pompa air akuarium yang beredar di pasaran.

1. Tipe Submersible

Sesuai namanya, pompa air tipe ini dipasang pada dasar akuarium. Pompa ini menghisap air bersih (keran) yang telah melewati sistem filtrasi lalu disemburkan ke dalam akuarium. Kelebihan utamanya adalah tidak bising lantaran alat ini bekerja di bawah air. Konsekuensinya, panas mesin yang bekerja tanpa henti dapat ikut mempengaruhi ekosistem di dalamnya.

2. Tipe In-Line

Tipe ini kebalikannya, yakni ditempatkan di bagian luar (biasanya atas akuarium). Konsep yang dipakainya sama seperti cara membersihkan kolam renang di mana Anda memerlukan selang untuk memfilter air. Kekurangannya, alat ini menghasilkan kebisingan. Akan tetapi, pompa air akuarium tipe ini banyak dipilih karena tidak mengganggu kehidupan aqua Anda dan tenaga yang dihasilkannya lebih kuat.

Tentukan spesifikasi alat dengan kapasitas tanki akuarium

Pertama, Anda harus mengetahui kapasitas akuarium Anda. Contoh, akuarium berdimensi 100 (P) x 50 (L) x 50 (T) punya volume air 250 liter. Spesifikasi paling idealnya adalah dengan membeli pompa air akuarium yang punya kekuatan minimal dua kali lipat dari kapasitas tersebut, yakni 250 x 2 = 500 liter per jam. Tenang saja, pada praktiknya, Anda dapat menemukan produk terjangkau yang tetap sesuai dengan keperluan Anda.

Rekomendasi pompa air akuarium terbaik

1. Atman AT-100

Pompa celup ini, meski bertipe in-line, namun tidak akan mengeluarkan kebisingan yang mengganggu. Dengan input tenaga hanya 5 watt, pompa ini dipastikan akan menghemat tagihan listrik Anda. Daya maksimumnya adalah 400 liter per jam. Anda dapat menggunakan produk ini untuk ditempatkan di air asin atau air tawar. Pada bagian sampingnya telah disediakan karet yang dapat merekat kuat pada dinding akuarium Anda.

2. Resun SP Submersible SP3800

Jika Anda ingin tanki akuarium Anda yang berukuran besar tetap terjaga sirkulasi udaranya, namun enggan dipusingkan oleh kebisingan suara, petimbangkan produk ini. Pompa air akuarium ini punya daya maksimum hingga 2.000 liter per jam. Kinerjanya stabil dan tahan lama dengan usia pemakaian yang panjang. Biarpun tenaganya besar, input daya yang ia perlukan masih terbilang kecil, yakni 25W.

3. Yamano SP

Ouput tenaga maksimum dari produk berukuran mungil ini mencapai 2.000 liter per jam. Sebagai gantinya, ia perlu mendapat aliran listrik sebanyak 32 watt dalam waktu yang sama. Material utamanya adalah keramik yang akan tetap terlihat kinclong dan tangguh meski terbenam lama di dalam air.

4. Eheim Universal Pumps

Ada alasan mengapa harga produk ini bisa berkali lipat dari produk sebelumnya. Sebabnya, pompa air akuarium ini diimpor langsung dari Jerman yang terkenal akan kualitas materialnya yang sudah sangat teruji. Air asin maupun air tawar, produk ini dapat terus bekerja tanpa mengalami kerusakan kecil yang menggangu. Output tenaganya 1200 liter per jam dengan konsumsi listrik 28 watt saja.

Pompa air akuarium termasuk jajaran produk pertama yang harus Anda dahulukan jika hendak merancang akuarium. Pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli produk yang tepat adalah menyesuaikan dengan jenis ikan yang hidup dalam tanki akuarium Anda.