Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dibudidayakan Dengan Mudah

Memelihara binatang dapat mmeberikan manfaat tersendiri. Namun, bagi Anda yang tak ingin ribet dan memiliki lingkungan yang kotor maka dapat memeihara ikan hias di kolam atau pun di akuarium. Salah satu pilihan yang tepat adalah memelihara Ikan hias air tawar karena kemudahan dalam perwatan serta memiliki waktu hidup yang lebih lama.

Berbicara jenis ikan hias, pastinya ada banyak sekali macamnynya. Sehingga harus diputuskan terlebih dahulu ikan mana yang akan menjadi budidaya Anda. Hal ini bisa dipilih karena warna warni sisiknya atau bahkan karena manfaat lain yang bisa diberikannya.

ikan hias air tawar

Berikut adalah jenis ikan hias air tawar yang bisa dibudidayakan di rumah.

Ikan Discus

Jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan yang pertama adalah jenis discus. Jenis ini berasal dari Amazon, Amerika. Ikan ini memiliki warna yang begitu cantik dan menarik serta ditambah dengan bentuk yang unik. Sehingga mmebuat sebagian orang tetarik dan ingin mencoba membudidayakan ikan ini.

Ikan ini memliki ciri khas yag tak ditentukan di jenis ikan lain yakni bentuk tubuhnya yang pipih saat diihat dari depan atau menjadi bundar jika hanya dilihat dari samping. Hal tersebut membuat ikan lebih mudah dikenali. Ikan ini juga memiliki sirip yang besar dan memanjang serta mata yang berwana merah.

Ikan Koi

Siapa yang tak kenal ikan koi. Ikan ini menjadi pujaan semua orang karna kecantikan warna sirip dan tubuhnya yang menawan. Tak jarang banyak yang beranggapan jika memelihara budidaya ikan koi dapat membawa hoki tersendiri. Jenis ikan koi juga begitu beragam yang bisa dipilih berdasakan warna warni indahnya.

Ikan Mas

Ikan yang terbilang mirip dengan ikan koi ini disukai oleh banyak orang. Pasalnya, ikan mas tak hanya cocok sebagai ikan bududaya namun, dapat memberikan manfaat yang banyak bagi si empunya. Kandungan nutrisi di dalam ikan mas terbukti baik bagi kesehatan otak, mental, atau pun mencegah beberapa jenis penyakit.

Ikan hias air tawar memang begitu beragam jenisnya. Anda bisa memilih yang mana yang bisa dipelihara sesuai kemmapuan dan kondisi media yang Anda gunakan. Pasalnya, berbeda jenis ikan akan menghasilkan cara perawatan yang bereda pula.