Kandungan Air Kelapa Muda yang Wajib Anda Ketahui

Kandungan Air Kelapa Muda yang Wajib Anda Ketahui

Kelapa muda bisa memberikan segudang khasiat yang baik bagi tubuh, namun tahukah Anda apa saja kandungan air kelapa muda? yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut!

Air kelapa dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya bisa menyegarkan tubuh di cuaca panas, air kelapa juga bisa menambah elektrolit dan mineral bagi tubuh. Di samping itu, air kelapa juga mengandung nutrisi seperti antioksidan yang mapu mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh.

Kandungan Air Kelapa

Manfaat air kelapa tak lepas dari beberapa zat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini kandungan air kelapa yang perlu Anda ketahui:

1. Nilai gizi

Dalam satu gelas atau 250 ml air kelapa mengandung sebanyak 46 kalori. Dari kadar tersebut, 6,26 gramnya adalah gula dan 8,9 gramnya karbohidrat. Air kelapa mengandung kurang dari 1 gram total lemak serta 1,78 gram protein.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan serat harian adalah 28 gram per harinya. Dengan mengonsumsi air kelapa, Anda bisa memenuhi sekitar 9,3 persen kebutuhan serat harian Anda. Pasalnya dalam satu gelas air kelapa mengandung sebanyak 2,6 gram serat.

2. Kalium

Air kelapa adalah sumber kalium atau potasium yang baik. Dalam satu gelas air kelapa, terkandung sebanyak 600 miligram kalium. Jumlah ini cukup besar untuk memenuhi kebutuhan kalium per harinya.

Anak-anak membutuhkan sekitar 3000-3800 mg kalium per harinya. Sedangkan orang dewasa membutuhkan kalium sebanyak 4500-5000 mg per harinya.

Seseorang dengan kadar kalium yang terlalu rendah, dapat membahayakan kesehatan. Diantaranya muncul gejala-gejala seperti jantung berdebar atau menjadi tidak teratur, kesemutan, sesak napas, lemas, konstipasi dan lain sebagainya. Jika tidak diatasi dengan tepat, maka bisa berakibat fatal.

3. Sodium

Dalam satu gelas atau 250 ml air kelapa, terkandung sebanyak 252 miligram sodium. Kandungan ini bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang usai beraktivitas berat atau berolahraga.

Mineral ini juga dikenal sebagai natrium. Berperan untuk mengatur pergerakan air yang masuk dan keluar pada sel tubuh.

Dengan adanya kandungan kalium dan sodium dalam air kelapa, menjadikannya pilihanyang tepat saat Anda mengalami dehidrasi, baik dehidrasi yang disebabkan oleh aktivitas fisik, ataupun masalah kesehatan seperti diare dan muntah.

4. Mineral dan vitamin lainnya

Air kelapa adalah sumber vitamin yang baik bagi tubuh. Dalam satu gelas air kelapa mengandung sebanyak 5,8 miligram vitamin C,dan beberapa kandungan lain seperti folat, riboflavin, tiamin, niasin, dan vitamin B-6. Selain itu, air kelapa juga mengandung beberapa mineral penting lainnya seperti kalsium, fosfor, seng, zat besi, dan magnesium.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Berkat adanya kandungan antioksidan dan beragam nutrisi dalam air kelapa muda, menjadikannya sebagai salah satu minuman yang berkhasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

      • Mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi
      • Mencegah terbentuknya batu ginjal
      • Menurunkan kadar kolesterol jahat
      • Menurunkan dan mengontrol gula darah
      • Mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular
      • Meredakan gejala diare
      • Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Agar bisa mendapatkan manfaat dari air kelapa muda secara maksimal, maka Anda harus mengonsumsi air kelapa muda murni yang didapat langsung dari buahnya. Selain itu, sebagiknya air kelapa muda dikonsumsi secara langsung tanpa penambahan gula atau pemanis buatan.

Namun, jika Anda memilih air kelapa muda dalam kemasan, maka pastikan kemasannya tidak rusak. Selain itu, pastikan juga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Setelah dibuka, Air kelapa muda dalam kemasan sebaiknya segera dikonsumsi. Anda bisa menyimpannya kembali, namun perlu dipastikan air kelapa disimpan dalam lemari pendingin. Air kelapa muda bisa tahan hingga 48 jam dalam penyimpanan lemari pendingin.

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Pada dasarnya kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa tua dan air kelapa muda hampir sama. Air kelapa tua mengandung asam amino dan berbagai mineral-mineral penting, seperti natrium, selenium, fosfor, potasium, dan seng. Kandungan inilah yang membuat air kelapa tua memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

      • Meningkatkan daya tahan tubuh
      • Menjaga saluran pencernaan
      • Menurunkan dan mengontrol kadar gula darah
      • Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat-manfaat dari air kelapa tua tersebut, sebaiknya Anda memilih kelapa tua murni yang diambil langsung dari buahnya.

Tak hanya kelapa muda, air kelapa tua juga dijual dalam bentuk kemasan dan sering dijadikan sebagai minuman isotonik dan campuran bahan minuman, seperti nata de coco. Pastikan pilih kemasan yang masih baik. Selain itu perhatikan juga kandungan nutrisi yang ada di labelnya.

Air Kelapa Muda vs Air Kelapa Tua

Baik air kelapa muda atau air kelapa tua, keduanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Perbedaan yang paling mencolok dari kedua minuman tersebut adalah jumlah kandungan air dan rasanya.

Pada dasarnya, buah kelapa yang muda memiliki kandungan air yang lebih banyak dan daging yang tipis. Sedangkan buah kelapa tua mengandung sedikit air dan daging yang tebal.

Namun, jika dibanding dengan kelapa muda, rasa air kelapa tua cenderung kurang manis. Tentu hal ini sangat cocok bagi Anda yang lebih menyukai minuman yang tidak terlalu manis. Kandungan gula pada air kelapa akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia atau tingkat kematangan kelapa.

Jika dilihat dari kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya, air kelapa tua tak kalah dengan air kelapa muda. Air kelapa tua tetap mengandung vitamin, gula, asam amino, mineral, dan fito-hormon. Perbedaan air kelapa muda dan kelapa tua sebenarnya terletak pada kandungan gula pereduksi dan proteinnya.

Konsumsi air kelapa tua masih kalah populer dengan konsumsi air kelapa muda. Kelapa tua biasanya lebih banyak digunakan sebagai bahan olahan makanan seperti santan, minyak, sedangkan airnya digunakan untuk pembuatan nata de coco.

Demikian informasi yang dapat kita sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Informasi selengkapnya, bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi halaman utama website kami. Intip juga bagaimana cara menanam pohon kelapa agar cepat berbuah.