Perbandingan Mengelola Acara Sendiri dengan Penggunaan Jasa EO

jasa eo

Saat ini, segala sesuatu memang cenderung dipilih cara yang paling simple dan praktis. Tak terkecuali untuk gelaran sebuah acara.Keterbatasan tenaga dan waktu menjadi alasan utama orang menginginkan solusi praktis mengadakan sebuah acara. Peluang semacam ini kemudian dilirik oleh beberapa profesional untuk menyediakan jasa event organizer seperti EO Jogja misalnya.

Namun ada kalanya Anda merasa memiliki tenaga dan waktu yang cukup untuk mengelola acara secara mandiri. Asalkan Anda memiliki tim yang kompak, pengalaman mengadakan acara, jaringan dan relasi terkait kebutuhan event, maka sah-sah saja jika Anda coba-coba merencanakan dan melaksanakan suatu acara secara mandiri.

Memang Anda bisa saja membentuk tim di kantor maupun di kelas menjadi suatu EO kemudian membagi tugas dan tanggung jawab. Hal seperti ini biasanya dikerjakan oleh tim marketing maupun teman sekelas yang kemudian menghandle sebuah acara. Dibandingkan dengan menggunakan jasa EO profesional ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan;

1.Rancangan Detail Acara

Pengalaman teknis yang dimiliki oleh para profesional tentunya berdampak pada rancangan acara yang lebih terperinci. Hal ini juga berpengaruh pada berbagai macam antisipasi ketika terjadi masalah atau hal-hal diluar dugaan. Dengan demikian, mereka juga dapat melaksanakan acara secara lebih sistematis.

2.Pendanaan yang Fleksibel

Mengadakan acara sendiri, bisa saja Anda tombok lantaran banyak hal di luar perkiraan sebelumnya. Hal ini membuat pos pengeluaran menjadi berlebih. Besar kemungkinan, anggaran menjadi minus. Tentu saja hal ini dapat Anda hindari dengan menggunakan jasa EO yang biasanya fleksibel terkait harga.Mereka akan menentukan apa saja yang bisa Anda dapatkan berdasar anggaran yang dimiliki.

3.Profesional

Suatu EO terdiri atas orang-orang profesional, artinya hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan acara sudah menjadi profesi mereka. Karena sudah menjadi “makanan sehari-hari” pastinya berbagai hal diluar dugaan (seandainya ada) akan ditangani dengan cepat dan efektif. Bisa dibayangkan jika tim berisi orang-orang yang sama sekali “buta” tentang bagaimana mengelola acara.

4.Pertanggungjawaban

Menggunakan layanan jasa dengan tarif tertentu ini pastinya juga disertai perjanjian hitam di atas putih. Pihak EO akan bertanggung jawab atas kelancaran acara dan melaporkan alokasi anggaran. Bagaimana dengan tim Anda?

5.Lebih Optimal

Dengan budget dan sumberdaya yang ada, pastinya para profesional berpengalaman tersebut memiliki banyak ide dan inovasi untuk memaksimalkan setiap potensi yang ada. Acara pun menjadi jauh lebih menarik dan efektif dimana Anda hanya perlu fokus pada apa yang diinginkan.

6.Fasilitas Penunjang

Apakah Anda dengan tim sudah memiliki berbagai macam fasilitas penunjang kebutuhan acara nantinya? Daripada berbelanja berbagai macam perlengkapan, akan lebih mudah jika menggunakan jasa EO yang pastinya sudah berbekal peralatan memadai untuk acara Anda.

Jadi bagaimana? Masih berminat mencoba mengelola acara sendiri atau coba menanyakan acara seperti apa untuk anggaran yang sudah Anda siapkan pada EO? Keputusan ada di tangan Anda.