Perbedaan Defibrillator Manual Dan AED

perbedaan defibrillator dan aed

Perbedaan Defibrillator dan AED – Defibrillator merupakan perangkt penting dalam urusan penyelamatan jiwa dan emergency medis. Alat ini berfungsi untuk memberikan kejutan listrik dalam energi tertentu dengan tujuan untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal akibat gangguan kelistrikan jantung (serangan jantung). Terdapat dua macam jenis perangkat defibrillator yang biasanya digunakan yaitu Defibrillator Otomatis dan Manual. Kali ini kita akan mencoba untuk berkenalan dengan dua macam perangkat tersebut.

Perbedaan Defibrillator Manual Dan AED

Defibrillator Manual

Tepatnya adalah Defibrillator Manual External. Juga disebut dengan defibrillator monitor karena umumnya dilengkapi dengan monitor. Jenis defibrillator ini dirancang untuk digunakan oleh para tenaga medis berpengalaman atau telah terlatih secara khusus menggunakan alat ini.

Penggunaan alat Defibrillator Manual dimulai dari analisa grafik EKG pada layar monitor yang dilakukan secara manual. Kemudian menentukan berapa besar energi yang akan diberikan dalam proses defibrilasi. Kemudian barulah memberikan kejutan listrik pada penderita gangguan jantung atau yang mengalami henti jantung.

Ciri Defibrillator Manual :

  • Dilengkapi dengan layar monitor untuk menampilkan grafik EKG
  • Dilengkapi dengan tombol seleksi energi
  • Memiliki dimensi (Ukuran) yang cukup besar
  • Dapat berfungsi sebagai monitor pasien
  • Analisa irama jantung dan kejutan dilakukan secara manual

Defibrillator Otomatis (AED)

AED merupakan singkatan dari Automatic External Defibrillator yang merupakan perangkat Defibrillator Portable. Alat ini dirancang untuk dapat digunakan oleh orang awam, oleh sebab itu segalanya dibuat otomatis. Ketika elektroda pads ditempelkan di dada pasien, AED secara otomatis akan menganalisa irama jantung pasien kemudian akan memberikan kejutan listrik secara otomatis apabila terdeteksi adanya irama jantung yang mengancam jiwa.

Ciri Defibrillator Otomatis (AED)

  • Umumnya tidak dilengkapi dengan layar monitor
  • Tidak dilengkapi dengan tombol seleksi energi
  • Memiliki ukuran dan dimensi yang relatif kecil dan simpel
  • Analisa irama jantung dan kejutan diberikan secara otomatis

Informasi Harga AED & Defibrillator Manual

Untuk anda yang membutuhkan informasi alat ini, baik AED ataupun Defibrillator manual. Anda bisa kunjungi website distributor Defibrillator resmi di Indonesia www.jualdefibrillator.com. Anda bisa tanyakan informasi terkait harga, tipe dan berkonsultasi gratis tentang kebutuhan alat AED anda. Sekian semoga bermanfaat !