System Integrator, Apa Maksudnya

system integrator

System integrator adalah konsultan yang membangun sistem untuk klien dengan menggabungkan produk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan (networking), dan produk-produk lain dari beberapa vendor. Dengan menggunakan system integrator, perusahaan dapat menyesuaikan penggunaan komponen yang sesuai budget, yang telah dikonfigurasi sebelumnya, untuk memenuhi tujuan bisnis utama ketimbang implementasi yang lebih mahal, yang mungkin memerlukan pemrograman atau pembuatan komponen khusus.

Mempekerjakan system integrator untuk menggabungkan berbagai subsistem ke dalam sebuah paket yang terintegrasi juga akan memudahkan klien dalam hal manajemen kontrak dan vendor. Di samping itu, klien tidak direpotkan oleh banyak vendor dan akan terhindar dari pembelian subsistem yang tidak perlu. System integrator, dengan demikian, merupakan metode pengadaan dan kegiatan teknis.

Apa yang dikerjakan system integrator?

Tugas system integrator sering kali dimulai dari meeting dengan klien. Dari serangkaian meeting tadi, system integrator mempelajari kebutuhan klien dan menentukan persyaratan teknis untuk sistem audio visual yang memenuhi kebutuhan tersebut. Rencana integrasi yang dihasilkan menjadi dasar untuk proses integrasi. Proses itu mungkin melibatkan perancangan atau pembangunan arsitektur atau aplikasi yang disesuaikan dan mengintegrasikannya dengan perangkat keras baru atau yang sudah ada, software dan infrastruktur jaringan.

Jika Anda tertarik menjadi system integrator, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa banyak edukasi yang Anda butuhkan. Sebanyak 45% system integrator memiliki gelar sarjana. Di tingkat pendidikan tinggi, kami menemukan bahwa 21,3% system integrator memiliki gelar master. Meskipun sebagian besar system integrator memiliki gelar sarjana, Anda masih bisa menjadi integrator hanya dengan memiliki gelar sekolah menengah. Memilih jurusan yang tepat sangatlah penting saat kamu ingin menjadi system integrator.

Anda mungkin berpikir bahwa pengalaman dalam pekerjaan lain akan membantumu menjadi system integrator. Faktanya, system integrator biasanya membutuhkan pengalaman dari jabatan insinyur sistem. Selain itu, banyak system integrator yang karir sebelumnya adalah system administrator dan project manager.

CSA-Indonesia.com adalah perusahaan system integrator berpengalaman di bidang audio visual. Mereka sudah banyak menyelesaikan project besar di seluruh Indonesia.