Tips Memilih Bibit Ikan Lele yang Unggul

Tips memilih bibit ikan lele yang unggul dan berkualitas sangat penting diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan budidaya ikan lele. Ikan lele atau yang kita sebut catfish (ikan berkumis) merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar.

Bibit ikan lele awalnya berasal dari perairan Afrika kemudian menyebar ke Indonesia. Ikan berkumis ini sudah banyak dibudidayakan oleh para peternak di ikan di nusantara.

benih lele

Bagi para pecinta lele dan ingin beternak ikan lele, penting sekali untuk mengetahui bibit ikan lele yang baik untuk dibudidayakan agar dapat menghasilkan panen yang maksimal.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Bibit Ikan Lele

Berikut adalah tips memilih benih ikan lele yang memiliki kualitas apik, agar tidak salah pilih ntuk cara budidaya ikan yangberhail.

1. Kondisi benih

Benih ikan lele harus sehat. Karakteristik ikan lele yang sehat adalah kulitnya mengkilap, gerakannya gesit atau lincah, fisiknya tidak cacat, sungutnya cerah, dan bertubuh proporsional. Dengan benih ikan yang berkualitas akan sangat menentukan hasil panen nantinya.

2. Berukuran seragam

Bibitnya harus seragam agar pertumbuhan dan perkembangan lele sama dan serentak. Hal ini untuk menghindari terjadi pemangsaan terhadap ikan lele lainnya. Jika ikan lele tidak sama rata, ada yang lebih besar dan ada yang lebih kecil, maka akan terjadi pemangsaan ikan lele yang masih kecil oleh ikan lele yang sudah besar.

3. Tubuhnya sempurna

Bibit ikan lele harus sempurna tanpa ada kecacatan secara fisik. Kecacatan fisik akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang lele. Oleh karena itu pilih ikan lele yang fisiknya sempurna.

4. Gerakannya gesit

Untuk menguji tingkat kelincahannya, Anda dapat menaruhnya di sebuah wadah besar dengan dialiri air. Bibit ikan lele yang bagus akan bergerak atau berenang melawan arus air tersebut dengan gesit. Pengujian ini dapat dilakukan selama 24 jam. Lele yang gesit menandakan bahwa lele tersebut sehat dan layak dibudidayakan.

Itulah informasi tentang tips memilih bibit ikan lele ini bisa menjadi salah satu langkah awal bagi Anda dalam persiapan penyortiran sebelum pembudidayaan ikan tersebut. Info selengkapnya bisa dlihat di https://yusufck.my.id. Semoga informasi singkat ini bermanfaat buat anda.